webmaster blog cepat terindesk

Mempercepat Index Blog di Google Webmaster Tools sangat penting sebelum backlink karena hal ini dapat mempercepat indeks muncul di mesin pencarian sehingga pengunjung akan menemukan postingan kita ketika mengetik kata kunci tertentu dan terjadilah kunjungan unik di blog kita yang akan meningkatkan pendapatan iklan kita melalui tayangan iklan.

Lalu bagaimana mempercepat blog kita agar index segera muncul pada mesin pencari menggunakan Google Webmaster Tools? Berikut langkah-langkahnya yang akan saya jabarkan berikut ini.

Langkah Mempercepat Index SERP

  • Siapkan blog yang akan kita indekskan dan sebaiknya postingan minimal 20 judul atau lebih.
  • Pastikan pada blog yang akan di index terpasang template yang responsif dan mobile friendly karena kemungkinan sebagian pengunjung akan datang dari traffic mobile.
  • Buka akun google dan login, jika belum punya bisa mendaftar dan layanan tersebut gratis.
  • Setelah masuk pada google buka link berikut pada browser https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=id
  • Pada menu kiri atas terdapat tanda plus (+) dan klik maka akan muncul menu “Tambahkan properti” setelah di klik masukkan URL blog yang akan kalian indekskan.
  • Jika muncul menu verifikasi seperti berikut,
index blog cepat mudah
  • maka pilihlah verifikasi yang menurut kalian mudah, bisa dengan download html file yang dapat mengupload melalui root panel pada CPanel. Biasanya wordpress atau website hosting, blogspot tidak bisa melalui jalur ini. Dan atau dengan melalui verifikasi kode “meta tag” yang tersedia pada opsi verifikasi dan taruh pada header kalian. Jika menggunakan blogspot dan email blog dan webmaster jadi satu akan dapat terverifikasi secara otomatis.
  • Setelah verifikasi kepemilikan berhasil, maka lakukan pengidexan dengan memasukkan peta situs atau sitemap. Sitemap yang biasanya dapat terakses melalui http://namablog.com/sitemap.xml dan masukkan pada menu peta situs pada kolom kiri pada halaman webmaster tools.
  • Jika berhasil maka akan terdapat angka index sitemap yang tertulis di sisi kanan url blog, dan jumlah tersebut menunjukkan jumlah index yang akan muncul di mesin pencari yang dirangkum dari judul blog, kategori, dan tag blog kamu.

Baca Juga: Tips Memilih Backlink Yang Berkualitas

Demikian cara mudah Mempercepat Index Blog di Google Webmaster Tools semoga dapat membantu untuk kalian para blogger pemula. Dan salam sukses kepada para joki keyboard.